“Saya banyak belajar tentang management usaha dari teman-teman. Terkadang ada teman yang belum berhasil, tapi saya gali pengalaman dari mereka…”

4
627

Iqra Fiddin, 99x Communication

Sukses Berkat Dukungan Sales Area

Ketika Frontliner tiba di kediamannya, tiada yang menyangka bahwa pria ini adalah pemilik outlet. Penampilannya sederhana bersahaja tanpa menyiratkan bahwa dialah sang pemilik 99x Communication yaitu salah satu outlet terbesar di Mataram.

bestIqra Fiddin, itulah nama lengkapnya. Iqra adalah pemilik 99x Communication yang kini sudah memiliki 2 cabang outlet dan selalu aktif mengikuti berbagai program Indosat Ooredoo. Kini, setelah 10 tahun ia menjalankan bisnisnya, giliran sekarang ia menikmati masa-masa tenang setelah melewati berbagai rintangan dengan bekerja keras. 99x Communication adalah hasil buah kerja keras Iqra setelah sebelumnya ia malang melintang di dunia selular. Ia masih ingat bagaimana 10 tahun yang lalu ia masih berjualan pulsa dengan SMS. Jika sudah dapat pelanggan, maka beberapa hari sekali ia keliling kampung untuk menagih. Ia lakukan ini selama beberapa waktu. Meski terbilang membosankan, namun ia tetap melakukannya. “Kalau usaha itu harus disenangi dulu. Karena, namanya juga usaha, pasti ada titik jenuh,” ungkap Iqra yang hobi memelihara burung kicau dirumahnya.

Perjalanan Iqra di dunia selular tidak berhenti sampai jualan pulsa keliling. Itu hanyalah langkah awalnya. Dengan modal 1 juta, ia menyewa gedek (kiosk kecil) berukuran 2×2 m2. Dengan ketekunan dan kerja keras, akhirnya Iqra bisa menabung. Dan kali ini ia investasikan dengan membuka outlet di Kediri. Tapi bukan untuk diraih, malah malang didapat. Usahanya di Kediri bangkrut.

Kisahnya tak berhenti disitu. Meski sudah merugi 60 juta dengan membuka outlet, Iqra tetap istiqomah. Belajar dari kegagalan di Kediri, Iqra menjadi lebih terbuka. Ia banyak belajar dari orang lain. Ia belajar bukan hanya kisah sukses, namun ia mencari makna dari kegagalan. Ia juga banyak belajar dengan teman-temannya sesama pemilik outlet. “Saya banyak belajar tentang management usaha dari teman-teman. Terkadang ada teman yang belum berhasil, tapi saya gali pengalaman dari mereka. Semua itu tergantung dari kemauan kita. Apakah kita mau maju berhasil? Atau hanya begini-begini saja? Prinsip saya adalah tidak mau berada di posisi aman terus,” ungkap Iqra kepada Frontliner.

 Hidup Mengalir Bagai Air

Semakin lama kami berbincang dengan Iqra, semakin kami larut dalam kisahnya yang penuh petualangan.

best2“Saya ini orangnya gak pernah pasang target. Mengalir aja, mas. Kalau terlalu berambisi, saya bisa gila. Saya gak punya target. Saya jalani aja semua. Jika itu ada lebihan, berarti itu bonus buat saya,” curhat sang juragan yang bercerita tentang bagaimana perjuangannya membangun 99x Communication. Iqra bercerita tentang bagaimana ia pernah menjadi distributor untuk handphone. Meskipun pekerjaan tersebut sangat melelahkan, namun ia dengan suka cita melakukannya. Ia menjadi distributor handphone berbekal pengalamannnya sebagai distributor kartu perdana di awal-awal ia membangun usahanya. Dengan menjadi distributor handphone ia mulai bisa menabung. Memberi harapan baru untuk income tambahan bagi outlet-nya.

    Percaya Kepada Indosat Ooredoo

Di tengah-tengah kompetisi antar provider yang semakin ketat, Iqra tetap percaya kepada Indosat Ooredoo sebagai provider inovatif terutama dalam era paket data. “Saya yakin kepada Indosat Ooredoo karena support (dukungan, red) dari teman-teman Sales Area. Seperti aktifitas branding, program,” jelas pria kelahiran Mataram, 33 tahun yang lalu.

Kepercayaan Iqra terhadap Indosat Ooredoo terus meningkat seiring dengan berbagai program outlet yang diikutinya. Apalagi Indosat Ooredoo selalu komitmen tepat waktu untuk memberikan hadiah program.Bagi Iqra, Indosat Ooredoo bukan sekadar provider yang menjual produk melalui outlet. Namun lebih dari itu, Indosat Ooredoo memberikan semangat dan mengayomi outlet untuk bersama-sama memberikan yang terbaik bagi pelanggan Indosat Ooredoo khususnya di daerah Mataram, Nusa Tenggara Barat. Terimakasih Indosat Ooredoo.

credit :
foto : Dedy Damping
Text : Wahyu K

Cover Story FrontLiners Edisi September 2016

Leave a Reply

4 Comments on "“Saya banyak belajar tentang management usaha dari teman-teman. Terkadang ada teman yang belum berhasil, tapi saya gali pengalaman dari mereka…”"

Notify of
avatar

Sort by:   newest | oldest | most voted
Zainudin
Guest
Zainudin
September 30, 2016 14:57

Outlet sya jarang dikunjungi sama sales, gmn bisa maju dan seperti ini..

Faisal
Guest
Faisal
October 1, 2016 15:26

top emang indosat…cuma indosat ooredoo yg memberikan hadiah pasti dan tepat waktu….4 jempol buat indosat….!!!!

wpDiscuz